INI DIA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BMW E36 YANG PENTING DIPERHATIKAN!
Berbicara nama BMW E36 akan tergambar sosok sedan kompak BMW yang sporty. Mobil yang pada masa-nya di era 90-an sangat terkenal dan menjadi mobil impian bagi para eksekutif muda. Meskipun sudah cukup berumur namun desainnya timeless, tetap terlihat mempesona di era saat ini. Coba saja anda bandingkan saat mobil LCGC yang berharga ratusan juta parkir sebelahan dengan BMW E36 ini, mobil ini tetap terlihat lebih anggun.
anyak yang ingin memiliki BMW E36 karena alasan ingin mengenang masa lalu, bagi mereka yang saat itu ditahun 90-an masih kecil hanya bisa melihat dan mengagumi bentuknya tapi saat ini sudah dapat membelinya. Apalagi harga BMW E36 saat ini pun sudah semakin terjangkau. Sehingga tidak heran dalam beberapa tahun belakangan ini peminatnya ramai lagi.
Ya selain karena ingin bernostalgia, banyak pula yang hijrah dari mobil Jepang-an lantaran ingin merasakan sensasi mobil eropa lawas dengan harga terjangkau namun tetap terlihat mengotak, seporty dan mudah di modifikasi.
Namun berhubung umurnya tidak lagi muda, tentu ada beberapa kelemahan BMW E36 lawas ini. Kenali terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya secara mendetail sebelum anda meminang seri sedan Bavarian yang paling populer ini.
SEJARAH E36
Mobil BMW E36 merupakan generasi ketiga dari keluarga BMW Seri 3, yang merupakan kasta terendah pada BMW saat itu. Namun Walau begitu mobil ini justru tidak pernah sepi peminat, karena merupakan sedan BMW yang ukuran body-nya paling kompak dibanding seri di atasnya sehingga lebih cocok untuk digunakan harian tanpa supir.
E36 sendiri merupakan kode penamaan body oleh BMW untuk seri 3 ini, yang keluar dari tahun 1992 hingga 1998. Di luar negeri mobil ini tidak hanya hadir dalam wujud sedan 4 pintu seperti yang jamak kita jumpai di Indonesia, namun ada juga E36 versi body convetible(atap terbuka), coupe(dua pintu), dan compact(dua pintu + liftback).
PILIHAN MESIN
Di Indonesia secara resmi BMW E36 dipasarkan dalam 3 varian mesin, yaitu 1800cc pada 318i, 2000cc pada 320i dan 2500cc pada BMW 323i. Masing-masing mesin punya karakter sendiri. Pada BMW 318i menggunakan mesin M40(sebelum tahun 1995) dan mesin M43(tahun 1995 keatas) karakternya bisa dikatakan boyo, karena kapasitas mesinnya yang hanya 1800 cc, 4 silinder untuk menggerakkan body BMW yang berbobot lebih dari 1,5 ton.
Kemudian mesin M50B20 pada BMW 320i yang berkapasitas 2000 cc, dengan konfigurasi 6 silinder segaris. Mesin yang juga dipakai pada seri 5 E34 sering dibilang dengan sebutan mesin jahit karena suara mesinnya yang berbunyi tik tik tik seperti mesin jahit. Tapi justru bunyi itu menunujukan bahwa mesin dalam kondisi normal.
Kemudian mesin BMW 323i yang berkode M52B25 berkapasitas 2500 cc dengan konfigurasi 6 silinder segaris. Mesin ini terkenal boros dengan konsumsi rata-rata BBM dalam kota hanya 1:5 sampai 1:7 km/liter, namun borosnya bahan bakar ini terkonpensasi oleh tenaganya yang besar, Sehingga mengemudikan BMW 323i sungguh terasa sangat menyenangkan.
Daftar kelebihan BMW E36:
- Kharisma BMW Sporty berukuran kompakE36 merupakan generasi terakhir yang memiliki desain mengotak. Sehingga tampilan klasik dan sportnya tidak dijumpai pada generasi BM seri 3 setelahnya.
- Kabin senyapWalaupun seri 3 merupakan kasta terenedah pada keluarga BMW pada saat itu, namun peredaman kabin mobil ini patut diacungi jempol. Kabinnya senyap khas mobil eropa.
- Electrical belum serumit E46SIstem elektrikal pada generasi ini belum serumit generasi sesudahnya yang hadir pada tahun 1999, yaitu E46 dan E90, sehngga resiko fault pada system elektrikla-nya tidak sebesar generasi sesudahnya.
- Suspensi mantapAnda yang terbiasa menggunakan sedang Jepang cobalah sekali mengemudikan mobil ini, maka akan terasa sekali perbedaan dari handling dan suspensi mobil ini ketika dipacu pada kecepatan tinggi.
- Mesin jossMesin M52B25 yang digunakan pada BMW 323i cukup bertenaga. Tenaga maksimal sebesar 168 Hp dan torsi maksimalnya sebesar 245 Nm pada putaran mesin 3500 Rpm.
- Mudah di ModifikasiBasisnya mobil ini mudah untuk dimodifikasi karena opsi part modif-nya banyak. Anda mau beli baru bisa, beli bekas copotan bisa, beli yang limbahan dari importir pun bisa. Banyak pilihannya.
- Spare part melimpahSparepart dari yang ori sampai KW banyak tersedia untuk BMW E36 ini, karena populasinya bisa dibilang termasuk yang paling banyak dari keluarga BMW.
Daftar Kekurangan BMW E36:
- HVA Bermasalah
Kerap ditemukan masalah HVA (Hydraulic Valve Adjuster) sudah rusak, akibatnya muncul bunyi tik,tik,tik karena klep kendur. Gantinya bisa makan budget 4 jutaan. - Water pump
Karena sudah umur kerap ditemui water pump bocor atau puarannya sudah bunyi berisik. - Radiator + Visco Fan
Sistem pendingin mesin atau radiator mobil BMW menggunakan system Vakum, alias tidak boleh ada udara di dalam sirkulasi cairan pendingin. Kalau yg belum paham disamain dengan mobil Jepang bisa overheat nanti. Selain itu Kipas radiatornya menggunakan visco fan yang menggunakan putaran mesin, kalau sudah berumur biasanya system visco tidak mampu memutar kipas dengan kencang. Solusinya bisa diganti dengan kipas electric seperti pada mobil Jepang. - Karat di Lantai
Walaupun tidak separah seri 3 pendahulunya, yaitu generasi E30 namun di generasi E36 ini sudah muncul beberapa kasus lantai depan kabin mobil yang bolong karena karat. Biasanya yang pernah ternedam banjir atau mobil - Kurang nyaman untuk penumpang belakang
Ini adalah sedan bmw yang ditujukan untuk dikemudikan sendiri, kursi belakangnya tidak senyaman seri yang diatasnya. Karena sandaran punggung bentuknya terlalu tegak dan ruang kaki baris belakang tidaklah luas. - Airflow
Peyakit yang kerap menghampiri mesin BMW seri 3 generasi ini adalah air flow-nya yang bermasalah pada bagian mesin. - Perhatikan Electrical
Perhatikan system elektrikal pada mobil ini, apakah ada mall function atau tidak. Sebaiknya cek langsung ke bengkel yang memiliki scanner agar dapat melihat kondisi keseluruhan mobil ini.
PENULIS : MASMUN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar